Pengalaman Membuka Toko Online Sebagai Reseller

Pengalaman Membuka Toko Online Sebagai Reseller - Akhirnya saya memberanikan diri untuk melakukan usaha membuka toko online Dagana Store. Dimana dagana ini menjual barang barang smartpone dan komputer. Saya berani membuka toko online ini berdasarkan keinginan dalam membuka usaha. Dan kenapa saya memilih asesoris komputer dan smartphone, Dikarenakan saya menyukai produk produk yang berbau smartphone dan komputer. Berdasarkan keahlian saya juga.


Dimulai dengan mencari barang di internet. Banyak sekali barang assesoris smartphone dan laptop di internet. Ketika banyak sekali barang berbentuk elektronik assesoris tersebut maka yang saya kuawatirkan adalah barang tersebut apakah berfungsi dengan baik atau tidak ketika saya beli. Banyak sekali harga yang murah tetapi saya tidak yakin akan fungsi bisa baik atau tidak.  Banyak sekali supplier yang tidak mau retur bahkan diganti. Bahkan ada yang tidak melakukan pengecekan. Hal ini membuat saya yang berniat untuk dijual kembali menjadi sangat berfikir untuk membeli disana.


Saya selalu memberikan pesan waktu pembelian untuk dipilihkan produk yang baik, karena saya berniat untuk menjualnya kembali. Setiap barang datang, pasti saya selalu melakukan uji coba dan tes terhadapt barang barang elektronik smartphone dan komputer. Nah jika ada barang yang tidak berfungsi hanya 1 produk saja. Itu bisa membuat saya merugi cukup besar tidak sebanding dengan keuntungan yang diperoleh disetiap penjualanya. Hal hal seperti ini menjadi tantangan untuk saya, Bingung memikirkan bagaimana cara jika barang tersebut rusak waktu kita terima.


Dagana store saya lakukan penjualan di shopee yang menurut saya cukup baik untuk dilakukan penjualan disana. Tetapi ada beberapa catatan di sini, dimana shopee mempunyai program gratis ongkir extra dimana dengan belanja minimal Rp 30.000 sudah bisa mendapatkan gratis ongkir 10 Ribu. Diaman penjualan tersebut yang berstatus non start terkena biaya layanan 5% setiap produk berhasil dijualnya. Disini Dagana Store masih belum bisa mendapatkan gratis ongkir extra, Syarat semua sudah terpenuh kecuali 1 saja yaitu harus ada yang beli kurang dari seminggu. Karena produk belum ada yang membeli jadi ya toko saya belum mendapatkan gratis ongkir ectra. semoga saja cepat mendapatkan gratis ongkir extra.


Persaingan yang cukup ketat. Setiap saya melakukan pembelian atau stok barang, pasti saya melihat harga persaingan shopee di jawatimur  khususnya d surabaya. Saya melihat seperti apa harga harga disana ketika saya melakukan pembelian dan mendapatkan harga pokok penjualan di tambahkan keuntungan. Setelah itu harga penjualan ini bisa bersaing di harga shopee.Analisa seperti ini yang perlu dilakukan. Dalam melakukan stok barang, Analisa lagi yaitu abrang tersebut apakah benar dibutuhkan oleh banyak orang ataukah tidak. Tetapi dengan saya membuka asesoris komputer dan smartphone tidak begitu banyak orang membutuhkan sebenarnya. Tetapi karena Hoby mau gimana lagi


Itu adalah beberapa keresahan saya ketika pertama kali membuka toko online, Sebenarnya masih ada beberapa masalah tetapi itu cukup kecil. Nah bagaimana dengan anda, apakah anda juga perlu. Ini juga menjadi tantangan saya dalam mencari pengalaman dalam berbisnis online

Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.