Pengertian Tentang SAP | Download SAP Free | SAP Kelebihan

Pengertian Tentang SAP | Download SAP Free | SAP Kelebihan - Disini saya akan menjelaskan tentang aplikasi SAP, SAP singkatan dari System Analysis and Product in Data Processing, SAP ini adalah sebuah aplikasi bisnis yang dapat digunakan untuk perusahaan yang memiliki banyak karyawan, SOP modul kerja dan masih banyak lagi, Intinya perusahaan besar pasti membutuhkan keakuratan data dalam menjalankan sebuah bisnis dan lain sebagainya. Mengelolah sumber data dari perusahaan dalam rangka digunakan membaca dan juga membuat kesimpulan dan kebijakan dari data terolah.

SAP sendiri merupakan aplikasi buatan negara jerman tepatnya SAP AG jerman. SAP sendiri mempunyai modul dari segala keperluan bidang pada perusahaan diantaranya yaitu finance, logistic dan human resource. dari tiga modul tersebut masih terpecah hinga bagian bagian paling dibutuhkan bahkan bisa mencapi puluhan modul kecil2nya. Bayangkan bila semuanya harus dikerjakan secara manual dengan kertas pasti bsinisnya sangat lamban untuk bergerak naik.

Program SAP sendiri adalah program yang cukup kompleks sehingga membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mempelajari seluruh modul lalu di ajarkan kepada user. Tetapi ketika perusahaan berhasil menggunakan SAP tersebut maka secara otomatis perusahaan tersebut akan mudah dalam melakukan kebijkana dalam melihat hasil dari data. Akan tetapi soal biaya SAP juga sangat mahal, dengan segala kemampuanya, apakagi lisensi yang harus dibeli setiap tahunya agar aplikasi nya bisa dipakai. Maka hanya perusahaan besarlah yang mampu menggunakan aplkasi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu saya beri informasis terkait dengan SAP :

Kelebihan

1. Integrasi Bisinis

SAP ini bisa diintegrasikan dengan bisnis di perusahaan lain, Soal dari berbagi data dan pengelolahan. Dengan SAP dapat lebih mudah dalam berbagi data pengelolahan data bahkan bisa berhubungan sistem secara tepat akuran diperusahaan diajak kerja sama.

2. Standarisasi Proses Operasi

Dengan standarisasi pengoperasian sesuai dengan standarisasi dari SAP maka akan lebih mudah dari kesalahan kesalahan seperti human error, kehilangan data karena human error. Bisa lebih mudah memberikan kebijakan dalam melakukan pembaharuan SOP perusahaan sesuai dengan hasil data SAP.

3. Pelacakan Transaksi

Kridibel dan terpecaya, dengan pelacakan transaksi pimpinan dan segala pengawas bisa lebih mudah dalam melakukan pelacakan transaksi apakah sudah benar atau salah, dan sebagai karyawan pun bisa lebih mudah dalam melakukan monitoring dari transaksi. Sebagai kewenangan pimpinan bisa mensetujui atas biaya biaya transaksi yang harus dibayar dan masih banyak lagi.

4. Peningkatan Efisiensi dan produktivitas

Jelas peningkatan dari SAP jelas terbukti, dengan aplikasi SAP bisa dimungkinkan meningkatkan efisiensi karena tanpa harus mencatat, menggunakan aplikasi yang tidak saling terkenoneksi antara modul dan modul lainya, dari bidang 1 ke bidang lainya. ketika menggunakan SAP maka secara otomati akan terkoneksi dan semua data bisa saling terhubung. Tanpa harus menggunakan cara lama. Lebih cepat dan jelas meningkatkan produktivitas.

Kelemahan

1. Biaya Tinggit

Karena SAP adalah aplikasi cukup banyak modulnya dan juga manfaatnya maka cukup pantas rasanya jika SAP ini dibanderol dengan harga tinggi, Dan harganya bukan sekali beli. tapi setiap 1 tahun lisensinya harus selalu diperbarui agar aplikasi terus bisa berjalan

2. Sulit adaptasi

Kesulitan yang paling utama adalah dari segi pemakaian, untuk perusahaan yang memakai SAP dipastikan harus mempunyai seseorang yang bertalenta untuk mengetahui seluk beluk aplikasi SAP, dan diharuskan bisa mengajarkan kepada user dari perusahaan tersebut. Apabila karyawan tersebut keluar maka perusahaan akan mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi SAP tersebut.

3. Sistem lebih komplex

Jelas sistem pasti lebih kompleks karena banyaknya modul dan juga saling terhubung, maka kesalahan dalam pengorperasian juga menimbulkan kesalahan data. maka dari itu dengan sistem kompleks untuk perusahaan besar cukup wajar. Membuat user cukup kesulitan untuk mempelajari semua sistem berjalan di SAP

ERP Terpopuler


Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang konsepnya sama seperti SAP, dan pastinya akan lebih murah dari pada SAP sendiri. buatan jerman. Konsepnya yang ditawarkan memang hampir sama dengan SAP bahkan bisa dikatakan ada yang lebih baik dari SAP untuk kondisi tertentu bisa karena harganya. Harga dari setiap aplikasi tersebut bisa diambil dari biaya lisensi seperti SAP, ada yang menggunakan per user pengguna, ada yang menggunakan sekali beli tetapi tidak bisa melakukan update aplikasi.

1. SAP
2. BANN
3. Oracle
4. JD Edwards
5. Peoplesoft
6. Compiere
7. Forca ERP

~ Salam ~

Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.