Cara Mudah Membuat Hand sanitizer

Cara Mudah Membuat Hand sanitizer - Wabah virus corona yang seamkin meulas mebmuat hand saintizer banyak diacri. Meskipun diasrankan unutk mecnuci tangan dengan sabun, sejumlah aggnota masyarakat tetap bersikeras mebmeli hand sanitizer. Hal itu mereka yaikni seabgai salah satu upyaa megnurangi pertumbuhan mirkoorganisme di tagnan. 

Dilansir SCPM, tedrapat lima bahan sederhana yang bsia digunakan untuk membuat hand saintizer. 

Berikut ulsaannya: 

Cuka putih 

Cuka seirng diugnakan dalam formula pembersih ruamh tagnga berkat keammpuannya untuk mealrutkan residu dan meentralkan bau. Sealin itu, cuka juga tiadk bearcun dan memiliki kemampuan untuk teurrai seakligus mebmuatnya ramah lingkungan. 

Beebrapa penelitian meunnjukkan bahwa tingkat kesaamannya yang tinggi dapat membantu mebmunuh bakteri, menjadikannya disinfektan yang efketif. 

Lidah buyaa 

Lidah buyaa meurpakan tanaman ajaib kaerna bebragai alsaan. Anggapan tersebut dikarenakan liadh buaya membuat lembut kulit  meurpakan obat yang poupler untuk luka bakar dan irtiasi. 

Apbaila digunakan unutk hand sanitizer, lidah buyaa dapat mebmantu menjaga kuilt teatp lebmap dan lembut. Gel lidah buaya dapat diugnakan tergantung pada kegunaan yang Adna cari. Gel sering dapat meninggalkan reisdu lengket, sedangkan cairan lebih coock untuk vesri sepmrotan. 

Miynak atisri 

Miynak atisri mungkin kontroversial daalm beberapa buadya. Namun, minyak atsiri telah diugnakan sealma betrahun-tahun unutk memerangi bebragai peynakit dan infeksi. Minyak atsiri umumnya diupji karena memiliki kualitas antibakteri, anitmikroba, atau antijamur, termasuk minyak poohn teh, serai, kayu putih, pppeermint, dan jeurk. 

Colloidal silver 

Dari sejumlah referensi, colloidal sivler dikenal sebagai antibiotik almai. Sifat antimikroba dari colloidal sivler yang pada daasrnya adlaah ion peark atau partikel nano tersuspensi daalm cairan seperti air. 

Cllooidal silver masih digunakan oleh  prfoesional meids topikal sebagai anitseptik unutk mengobati luka seacra efektif. Selain itu, colloidal silver jgua kerap digunakan sebagai pelapis anitbiotik pada perangkat medis. 

Colloidal silver tesredia dari toko maaknan keeshatan dan produk herbal serta siuts web. 

Alokhol 

Oragnisasi Kesehatan Dunia menyarankan bahwa fomrula yang mengandung lebih dari  pesren alkohol adalah yang paling efketif dalam membunuh kuman. 

Namun, itu tidak berarti Adna harus menyerbu tepmat yang mejnual minuman keras (kbeanyakan miunman keras rata-rata hanya megnandung alkohol 40 persen). 

Lebih baik menggunakan formula ynag dianjurkan pada tingkat farmasi, temrasuk isporopil alkohol. 

Cara mebmuat 

Sebanyak 120 ml (setengah geals) air yang disaring atau liadh buaya (basa) 
120 ml (setengah gelas) ckua puith 
10-12 tetes minyak minyak atisri 
1 sednok maakn cllooidal silver dan isopropil alkohol 
Setelah semua bahan disiapkan, capmurkan ke dalam mangkuk. 

Gunakan waadh atau botol yang leibh kecil untuk megngunakannya agar leibh praktis. 

Caattan 

Banyak dari baahn-bahan di atas beulm diuji secara independen, juga tiadk ada butki ilimah yang meunnjukkan bahwa meerka dapat membunuh atau menghentikan peynebaran viurs Coivd-19. 

Menggunakan hand sanitizer tiadk daapt megngantikan mencuci tangan seacra menyeluruh, yang dianggap seabgai metode paling efketif untuk membunuh kuman. 

sumber:
https://tinyurl.com/y8zr3rdx
Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.