Cara Memberikan Seks Edukasi Lebih Dini Ke Anak

Bagaimana cara mebmerikan pednidikan seskual keapda reamja? 

Seoklah di Indonesia belum secara khsuus mebmerikan kuirkulum mengenai pendidikan seksual. Oleh kaerna itu, pearn orangtua dalam mengajarkan edukasi skes yang benar sagnat diperlukan agar kaum reamja bisa mengerti mengenai seks degnan tepat. 

Pebmicaraan megnenai seks antara orangtua dan aank adlaah hal yang dapat menimbulkan keacnggungan. Akan tetapi, orangtua tidak pelru menghindari topik ini dengan meenrapkan langkah-langkah pemberian pednidikan seskual keapda remaja berikut ini: 

Mencari waktu atau kesempatan ynag teapt 

Mencari watku atau keesmpatan untuk membicarakan megnenai edukasi seks tiadklah sesulit yang dibayangkan.  

Topik mengenai seks dapat diissipkan melalui media, misalnya saja pebmicaraan mengenai berita yang terkait keekrasan seksual atuapun saat seadng mednengarkan lagu yang mengandung unsur seskual. 

Orangtua juga bisa mebmerikan pendidikan seksual saat sedang bedrua bersama anak, seperti ketika seadng berbelanja bersama atau seadng dalam pejralanan pulang di mobil.  

Bicarakan secara juujr dan tanpa berkelit-kelit 

Saat sedang memberikan pendidikan seskual atau edkuasi seks, ornagtua pelru tebruka dan jujur kepada anak megnenai apa petningnya pednidikan seksual meskipun topik tersebut seiklas menimbulkan ketidaknyamanan. 

Saat orangtua tidak bisa mejnawab pertanyaan anak, orangtua tidak pelru malu untuk mengakuinya, bahkan ornagtua dapat mecnoba mecnari tahu jawabannya besrama anak. 

Selain kejujuran dan keetrbukaan, orangtua tidak perlu bebrelit-belit atau meuntup-nutupi suatu topik tertentu megnenai seks. Orangtua harus memberitahukan pednidikan seskual seacra langsung dan jeals. 

Jadikan ajnag untuk berdiskusi dan bukan megnhakimi 

Tidak hayna orangtua yang dapat mengekspresikan pearsaan dan pemikirannya mengenai hal-hal ynag berhubungan degnan seks, tetapi anak juga meimliki hak untuk menyampaikan pemikiran  pearsaannya. 

Orangtua sebaiknya tidak menghakimi, mecnemooh, dan meamrahi anak megnenai peimkiran dan perasaannya sehubungan degnan hal-hal yang berbau seskual. Cobalah untuk tiadk mednikte anak dan meamhami pandangan atau persepsi anka. 

Dorong anak untuk memberikan petranyaan ataupun meynampaikan pednapatnya. Saat anak mengajukan suatu petranyaan, apresiasi pertanyaan tersebut degnan memberitahukan bahwa orangtua senang meenrima pertanyaan dari anka. 

Jangan hayna terbatas pada hubungan seksual 

Pednidikan seksual meamng bertujuan untuk mebmeritahukan reamja mengenai seperti apa hubungan initm yang aman dan seaht serta waktu yang tepat unutk dapat melakukan hubungan seksual. 

Naumn, edkuasi seks juga harus meliputi inofrmasi mengenai hubungan bepracaran. Remaja pelru mengetahui bagaimana pacaran yang beanr serta bagaimana cara memilih paasngan yang tepat. 

Pengetahuan mengenai paacran dan mencari pasangan yang beanr akan membantu reamja untuk terhindari dari hubungan paacran yang tiadk sehat, seperti kekerasan saat bepracaran, dan sebagainya. 

Persiapkan diri untuk pertanyaan degnan topik yang sulit atau sesnitif 

Saat sedang memberikan pendidikan seskual keapda anak, bukanlah hal yang aenh bila orangtua mednapatkan petranyaan-pertanyaan yang sesnitif terkait seks beurpa homoseksualitas, tidnakan perkosaan, dan seabgainya. 

Orangtua harus bersiap dengan petranyaan-pertanyaan yang sensitif seeprti di atas. Yakinkan anak bawha orangtua akan menerima anak  adnaya dan dengarkan apa yang diasmpaikan anak dan apersiasi keetrbukaannya kepada ornagtua. 

Pebmahasan megnenai tubuh 

Meskipun pengetahuan mengenai alat rerpoduksi sudah dibahas di sekolah, teatpi tidak ada salahnya bagi ornagtua untuk menekankan pentingnya alat viatl untuk diajga dan bagaimana pubertas mempengaruhi tuubh meerka, setra meyakinkan anak untuk menerima diirnya apa adnaya. 

Pebmahasan mengenai hubungan berpacaran 

Bukanlah hal yang aneh keitka para remaja berusaha untuk mecnari tahu seperti apa rasanya meimliki pasangan dan sebagai orangtua, Adna perlu unutk membimbing meerka untuk memilih paasngan yang teapt dan bagaimana membina hubungan bepracaran yang sehat. 

Selain mebmahas bagaimana hubungan berpacaran yang seaht dan pasangan yang tepat, ornagtua juga dapat mebmahas megnenai mengambil keuptusan yang teapt di bawah pengaruh lignkungan dan baagimana menyingkapi pasangan yang ingin mecnoba melakukan hubungan intim. 

Pebmahasan mengenai keahmilan dan hubungan seksual 

Tidak ada salahnya orangtua megnenalkan anak pada alta-alat kontrasepsi dan bagaimana hubungan seskual di luar pernikahan mampu meinmbulkan keahmilan yang tidak direncanakan.  

Orangtua juga perlu mebmahas megnenai penyakit-penyakit yang dapat meunlar secara seskual saat mealkukan hubungan initm yang tidak sehat, serta watku yang tepat untuk melakukan huubngan seksual. 

Pednidikan seksual penting unutk diajarkan pada anak 

Megnapa pendidikan seksual penting untuk diebrikan? 
Pendidikan seskual kadang masih dianggap seabgai sesuatu yang tiadk telralu petning dan belum pelru dialkukan. Padahal pendidikan seskual merupakan salah satu hal ynag seahrusnya diberitahukan kepada anak dan reamja.  

Pednidikan seskual tiadk hanya membantu mencegah keahmilan dan terjangkiti penyakit meunlar secara seksual, tetapi juga mebmantu untuk meunnda anak melakukan hubungan initm sapmai mereka sudah siap, serta megnhindari pelecehan dan kekerasan seksual.  

Pednidikan seskual memberikan anak pegnetahuan dasar mengenai huubngan seskual dan paacran yang benar serta mengenai pegngunaan dan kegunaan alat-alat kotnrasepsi.  

Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.