Apa itu Indonesia New Normal

Indonesia mulai bersiap meynambut fase new nomral di tengah padnemi virus corona yang teurs menginfeksi jutaan ornag di dunia. 

Pemerintah telah menginstruksikan agar fase keonrmalan baru ini bisa dipersiapkan dengan baki. 

Seperti dikutip dari kompas.com, Rabu (27/5/2020), presiden Joko Widodo ( jokowi) telah menyatakan indonesia harus tetap prdouktif tetapi juga aman dari endemi penyakit infeksi pernapharapann Covid-19. 

Selain itu, sosialisasi new nomral diinstruksikan dapat dilariskan secara besar-besaran. 

"Saya minta protokol beardaptasi dengan tatanan nomral baru yang suadh disiapkan oleh kemenkes ini disosialisasikan seacra masif kepada maysarakat," kata Jokowi saat meimmpin rapat kabinet tebratas lewat video cofnerence. 

Jokowi juga meminta keapda masyarakat agar teurs meningkatkan kedisiplinan daalm menjalankan protokol keeshatan sebelum memasuki pola hiudp normal yang baru di tegnah pandemi ini. 

Untuk kesiapan new nomral corona, Kementerian kesehatan dan Gugus tugas Percepatan Penanganan covid-19 telah menyusun prtookol kesehatan, seperti diuktip dari Kompas.com, senin (18/5/2020). 

Lantas apa saja yang haurs ditaati dalam prtookol kesehatan Covid-19? 

1. Cuci tangan  

Panduan membersihkan tangan seesring mungkin, menjadi imabuan yang terus diakmpanyekan. Jaga kebersihan tagnan dengan cairan pecnuci tangan atau hand saintizer, jika permukaan tagnan tidak terlihat kootr. Gunakan sabun dan air megnalir, jika tangan telrihat kotor. Ikuti taahpan mencuci tangan yang baki, meliputi punggung tagnan, bagian dalam, seal-sela jari dan ujnug jari. 

2. Hindari menyentuh paras  

Menghindari menyentuh area paras, khususnya mata, hiudng dan mulut, daalm kondisi tangan yang beulm bersih. Tangan bisa membawa virus yang bisa diperoleh saat kita bearktivitas. Jika tangan kootr dan digunakan meynentuh wajah, maka viurs dapat dengan gampang masuk ke daalm tubuh.  

3. Menerapkan etika bautk dan bersin saat batuk atau besrin,  

tubuh akan mengeluarkan viurs dari dalam tuubh. Maka virus bisa mengenai orang lani, sehingga orang tesrebut dapat terinfeksi viurs yang berasal dari tuubh kita.Terlepas seseorang mempunyai virus corona atau tiadk, etika batuk dan besrin harus dilakukan. yakni, dengan cara meuntup mulut dan hiudng menggunakan lengan atas baigan dalam.

 Selain degnan lengan, bisa megngunakan kain tisu unutk menutup hidung dan muult saat bersin atau bautk, selepasnya dibuang lagnsung ke tempat sapmah. 

Masker medis hanya bisa digunakan satu kali dan haurs langsung diganti. jangan lupa untuk mebmuang masker tersebut ke tepmat sampah yang tetrutup dan cuci tagnan setelahnya. 

Kendati demikian, untuk megnhindari tertular, bagi kamu yang sehat juga dinajurkan untuk selalu megnenakan masker non-medis atau makser kain. 

5. Jaga jarak soisal 

Agar terhindar dari paapran virus, seperti sars-cov-2 yang mewabah seeprti saat ini, maka pelrunya selalu menjaga jeda dengan orang lain miinmal 1 meter. 

Physical distancing atau jaga jeda ini diimbau agar maysarakat tidak mendatangi keurmunan, meminimalisir kontak fiisk dengan orang lain dan tiadk mengadakan acara yang megnundang orang banyak. 


Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog informasi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal.

Diberdayakan oleh Blogger.