4 Alasan Kenapa Perusahaan Harus Menggunakan HRIS Software

Bagi perusahaan pada umumnya, pengelolaan sumber daya manusia merupakan salah satu hal penting yang mendukung produktivitas perusahaan. Jumlah karyawan yang semakin meningkat seiring pertumbuhan perusahaan, harus diiringi dengan pengelolaan sumber daya manusia yang baik. 

Untuk itulah, dibutuhkan Human Resource Information System (HRIS) yang dapat mengelola data karyawan dan kualitas sumber daya manusia di perusahaan secara otomatis. HRIS Software saat ini sudah bukan konsep baru dalam dunia HR. Semakin baik HRIS Software yang digunakan, maka semakin mudah perusahaan mengelola karyawan. 

Hal ini akan turut menambah citra dan reputasi perusahaan dan meretensi karyawan terbaik. Bagi tim HR, tugas administratif seperti proses izin cuti, absensi, pelatihan, hingga payroll akan semakin mudah dan cepat karena dapat dilakukan oleh HRIS Software. Masih ragu menggunakan HRIS Software, berikut adalah beberapa alasan kenapa perusahaan Anda harus memakainya.

1. Mempermudah Proses Pengelolaan Payroll

Ketepatan waktu dalam proses penggajian atau payroll merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kepuasan dan kesejahteraan karyawan. Proses ini memang rumit dan tidak mudah. Karena ada beberapa elemen lain yang juga perlu dihitung. Selain gaji pokok, ada juga tunjangan jabatan, tunjangan transportasi, tunjangan makan, uang lembur, insentif, hingga perhitungan pajak PPH 21.

Untuk gaji seorang karyawan saja, proses perhitungan payroll tentunya membutuhkan waktu selama beberapa waktu. Lalu, bagaimana jika jumlah karyawan perusahaan mencapai ribuan orang? Sudah pasti, perusahaan tidak bisa hanya mengandalkan perhitungan secara manual. Dengan HRIS Software proses perhitungan gaji dapat dilakukan secara otomatis dana akurat. Bahkan, dari segi waktu hanya membutuhkan waktu 3 – 5 menit dan cukup beberapa kali klik saja. 

2. Mencegah Kecurangan Data Absensi

Pencatatan kehadiran atau absensi karyawan sering menjadi salah satu elemen penting dalam sistem payroll. Sayangnya, tidak sedikit karyawan yang curang dengan terlambat datang atau titip absen kepada sesama rekan. Apabila, pencatatan absen dilakukan secara manual di atas kertas, mungkin kecurangan ini sulit dicegah. 

Akan tetapi, dengan memakai HRIS Software kecurangan dapat dicegah dan diminimalisir. Pasalnya, HRIS Software dapat di integerasikan dengan aplikasi absensi sehingga memudahkan pengelolan absensi karyawan dalam satu sistem. HRIS Software juga memiliki berbagai fitur canggih yang bisa otomatis mengupdate perolehan gaji karyawan sesuai instrumennya.

3. Formulir Pengajuan Online

Memberikan karyawan kemudahan dalam mengakses kebutuhan layanan HR juga bisa menjadi salah satu fasilitas perusahaan. Tidak hanya mempercepat proses pengajuan cuti, lembur atau izin sakit, layanan HR secara online tentunya juga mempermudah tim HR dalam mengurus segala proses administratif. 

Fitur pengajuan cuti, lembur atau izin secara online ini telah melengkapi HRIS Software untuk perusahaan. Sehingga karyawan bisa menerapkan layanan mandiri atau self service sesuai kebutuhan dari gadget masing – masing. Fiturnya meliputi pengajuan izin tidak hadir, reimbursement, klaim, cuti, dan masih banyak lagi. Karena menerapkan sistem online, karyawan tidak perlu lagi menemui tim HR atau datang ke pimpinan untuk lebih efisien waktu dan tenaga. 

4. Keamanan Data 

Jika di masa lalu, data karyawan masih tersimpan dalam berkas atau kertas yang tersusun di dalam rak, dengan HRIS Software hal itu tidak perlu terjadi. Penyimpanan di rak hanya akan menghabiskan tempat dan biaya pembelian kertas, tinta, dll. Sementara itu, HRIS Software dapat menyimpan jutaan data dalam format digital yang lebih fleksibel karena bisa diakses kapan pun dibutuhkan. 

Data digital juga lebih aman karena memiliki sistem proteksi login serta terhindar dari kerusakan fisik entah itu data hilang, dimakan ngengat/ rayap, banjir, dan sebagainya. 

LinovHR menjadi solusi terdepan untuk HRIS Software terbaik di Indonesia. Didukung fitur dan modul HRIS Software terbaik yang dapat menyederhanakan tugas – tugas tim HR dalam perusahaan Anda. Meliputi fitur aplikasi absensi berbasis android, sistem  payroll modern, pelatihan dan pengembangan karyawan, dan masih banyak fitur – fitur menarik lainnya, simak melalui tautan berikut ini mengenai modul dan fitur - fitur yang ada di dalam HRIS Software LinovHR -> https://www.linovhr.com/

Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.