Perhatikan Kekurangan Dan Kelebihan Smartphone Root

Perhatikan Kekurangan Dan Kelebihan Smartphone Root - Smartphone merupakan suatu hal yang sudah biasa dimiliki oleh sebagian besar orang. Mulai dari smartphone yang belasan ribu hingga smartphone hingga 10 jutaan keatas. Tetapi kebanyakan smartphone, masih memiliki akses sebagai user, dimana akses tersebut tidak sampai merubah sistem yang suda ditentukan oleh setelan pabrikan. 

Hal ini dilakukan, mengingat bahwa pengguna smartphone bisa saja merusak sistem dari smartphone itu sendiri karena user error / kesaalahan pemakaian atau tidak pahaman user dalam menggunakan smartphone. Olehnya pabrikan smartphone pasti akan mengizinkan pelangganya untuk menggunakan akses user, agar batas batas yang tidak diharuskan diakses tidak bisa diubah ubah kembali.

Nah jadi selama ini kita sebagai manusia yang telah membeli sebuah smartphone secara tunai dan lunas, kita tidak diizinkan memiliki sepenuhnya atas smartphone tersebut, karena batas batas tadi. Apabila anda ingin mengakses sepenuhnya atas smartphone tersebut maka harus dilakukan Akses Root. 

Akses root ini memungkinkan pengguna bisa mengakses seluruh smartphone dan sistemnya tanpa ada batasan apapun. lalu apasih kekurangan dan kelebihan akses root ini pada smartphone.

 KELEBIHAN

1. Bisa memindah aplikasi ke Sd Card

Dengan root, aplikasi yang berada di internal akan bisa dipindah ke dalam sdcart atau penyimpanan external. Anda bisa menggunakan aplikasi Link2SD, Aplikasi tersebut bisa memindahkan aplikasi dengan mudah syaratnya smartphone sudah harus di root. 

2. Bisa menghapus aplikasi bawaan

Degan root, aplikasi bawaan bisa langsung dihapus, Tanpa tersisa sama sekali. Jadi aplikasi yang tidak terlalu penting bisa kamu hapus. Contoh aplikasi bawaan browser, biasanya aplikasi browser kurang begitu penting karena sudah tergantikan oleh crome.

3. Bisa Mengganti Sistem

Bisa mengganti sistem android, Salah satunya adalah mengganti, nama model, Nama Imei dan masih banyak lagi. Xposed adalah aplikasi yang bisa melakukan itu semua. Lalu manfaat dari ini ? biasanya untuk menipu kebijakan aplikasi dalam membaca sistem. 

Contoh :Bila ada aplikasi yang hanya boleh diinstall pada smartphone A dengan tipe AA2 di google playstore maka dengan cara root smartphone yang bukan A bisa menginstall aplikasi tersebut.

4. Bisa Cheat Game dan aplikasi

Salah satu bentuk root adalah mencurangi game, mencurangi aplikasi lain salah satunya adalah aplikasi gojek atau grab. Dimana aplikasi tersebut akan membaca maps atau lokasi dimana smartphone berada, Disini dengan root aplikasi bisa ditipu dengan lokasi palsu. Dimana letak smartphone bisa diakali sesuai dengan kehendak si pemilik smartphone. 

5. Bisa Blokir Iklan

Root, bisa blokir iklan lebih baik. Dari pada smarpthone yang tidak diroot, banyak cara diluar sana yang blokir iklan tanpa root, tetapi percayalah blokir iklan dengan akses root lebih baik. Karena sistem iklan tersebut bisa langsung kena.

6. Bisa Menambah Memory Internal

Dengan Root, Memory internal telepon bisa ditambah. Digabungkan antara memory internal dan memory external. Bisa juga memory external dijadikan sebagai memory internet.

7. Bisa custom room

Room juga akan bisa menginstall beberapa custom room, Bisa sesuka hati mengganti custom room. Custom room menawarkan beberapa fitur yang lebih menarik dari firmware / room aslinya. Mulai dari kecepatan, hemat baterai, Bahkan bisa over clock processornya. Mantab gak tuh


KEKURANGAN

1. Bisa Terkena Malware dan virus

Dengan room, maka sistem akan bisa terancam terkena malware dan virus. Smartphone root menggunakan akses root, sehingga apabila ada aplikasi yang mengandung sebuah virus atau malware dipastikan serangan tersebut langsung kena ke sistemnya android

2. Bisa Rusak Sistem dan Hardware

Dengan room sistem akan mudah rusak, entah karena virus atau karena sering berganti ganti custom room, Bootloader install ulang android dan sebagainya. Disini saya mempunyai pengalaman smartphone Asus rusak hardwarenya karena sering bolaik balik install android.

3. Garansi Hilang

Sudah tepatnya kalo smartphone akan hilang garansinya ketika dilakukan sebuah root, Mengapa ? Karena sistem android akan langsung terkena bila dampaknya. Ingat akses root itu langsung bisa merubah sistem bahkan menghapus sistem terpenting. Jelas kalo begini garansi akan hilang. Tipsnya adalah Root smartphone ketika masa garansi sudah habis, jangan root smartphone yang masih ada masa garansi.

4. Beberapa aplikasi tidak berjalan

Ada aplikasi yang tidak akan berjalan ketika smartphone dalam keadaan akses root. Salah satunya adalah aplikasi perbankan, mengapa ? Karena aplikasi perbankan pasti menjaga keamanan, takutnya smartphone yang di root rentan terkena malware dimana akses aplikasi perbankan bisa di sadap,

Tipsnya adalah dengan menggunakan aplikasi exposed dimana aplikasi ini bisa mengubah sistem bacaan root menjadi unroot ketika aplikasi perbankan diajlankan. Jadi aplikasi perbankan bisa berjalan. Tetapi resiko diatas juga harus ditanggung oleh pemilik smartphone

Itula beberapa kekurangan dan kelebihan dari smartphone root. Lalu apakah anda tetap akan melakukan root pada smartphone ? Tipsnya adalah bila memang tidak terlalu penting untuk root lebih baik jangan dilakukan.

~ Semoga Bermanfaat ~
Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.