Cara Merawat Rantai Motor Bebek | Motor Laki

Cara Merawat Rantai Motor Bebek | Motor Laki - Rantai merupakan hal yang paling fital bagi motor, Rantai adalah sebuah penghubung antara mesin dan ban belakang, tenaga dari mesin disalurkan melalui rantai setelah itu dari rantai tenaga pendorongnya diteruskan ke roda belakang. Hal inilah mengapa rantai adalah bagian yang paling riskan dalam hal meneruskan tenaga dari mesin ke roda belakang

Baik disini saya akan memberitahukan bagaimana cara merawat rantai dan gir motor berdasarkan pengalaman, Biasanya saya baru mengganti rantai motor 1.5 - 2 tahun. Semakin kita bisa merawat motor dengan baik, semakin hemat juga bukan. Simak penjelasan dibawah ini cara merawat rantai dan gir motor agar awet, 

1. Pastikan Oli Rantai

Oli merupakan hal yang wajib ada atau wajib dioleskan ke rantai. Oli itu bertujuan utnuk mengurangi gesekan antara besi dan besi, Agar tidak mudah aus karena gesekan maka oli sangat diperlukan. Jadi carilah oli yang bagus, berbentuk kaleng mungkin harganya sekitar Rp 15.000, Jangan menggunakan oli bekas ya. Karena oli bekas hanya akan membuat oli cepat rusak / molor. 

2. Menggunakan Gas

Gunakan gas dalam berkendaraa dengan baik, jangan gas secara tajam sehingga tenaga motor langsung tinggi membuat motor lansung loncat. membuat rantai langsung tertarik dengan kuat. Hal ini membuat rantai menjadi cepat putus dan tidak sehat.

3. Menggunakan Kopling Atau Gigi

Jangan memasukan kopling atau Gigi secara cepat membuat tenaga yang disalurkan ke rantai langsung tinggi, jadi usahakan untuk perlahan lahan menyalurkan tenaga dari mesin ke rantai secara perlahan lahan, Jangan sesering mungkin untuk menyalurkan tenaga dengan tinggi.

4. Hindari Hujan

Hindari hujan, hujan sekarang ini apalagi di perkotaan banyak yang sudah mengandung zat asam dimana zat ini bisa merusak logam / besi. Jadi bila rantai motor terkena hujan langsung siram rantai dengan air bersih dari kamar mandi atau berasal dari air tanah. 

5. Hindari Rantai Kendor

Hindari rantai kendor, rantai kendor membuat motor bisa kehilangan tenaga bila rantai keluar dari gir rantai. Tidak tersalurkan dengan baik karena rantai terlalu kendor sehingga membuat rantai lebih mudah putus.

6. Cek Gir Rantai

Apakah gir rantai anda sudah aus ? bila aus segeralah untuk mengganti karena gir aus sampai tajam membuat rantai akan mengalami aus lebih besar. 

7. Pakai Rantai Asli

Pakai rantai asli dari suku cadang. Jangan menggunakan rantai abal abal meskipun itu lebih murah. Pakailah rantai asli dimana itu bisa membuat motor anda lebih bertahan lebih lama. Rantai asli lebih baik kualitas dari yang biasa, Dimana ketahanan rantai juga lebih baik. Sehingga ini juga memperbaiki service motor.

Demikian lah cara merawat rantai dan gir motor berdasarkan pengalaman saya, Bila anda punya tips juga silahkan share, tidak menutut kemungkinan bahwa tips anda akan bisa saya tambahkan ke dalam artikel ini. ~ Semoga bermanfaat ~ 
Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.