Kelebihan Dan Kekurangan Fitur Keamanan Smartphone

Kelebihan Dan Kekurangan Fitur Keamanan Smartphone - Terkait dengan sebuah keamanan smartphone sangat penting bagi seseorang harus mengamankan berbagai data didalamnya. Tidak seharusnya banyak orang bisa mengakses data pribadi. Sebagaimana data pribadi bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk hal kejahatan.

Berbagai fitur keamanan smartphone sudah dikembangkan dengan baik, mulai dari fitur keamanan dalam membuka dengan pin dimana pengguna harus memasukan 4 digit nomor dengan benar,  keamanan dengan menggunakan password dimana pengguna harus memasukan password dengna terdiri dari angka dan huruf, keamanan pola dimana pengguna harus menggesar beberapa pola, Keamanan sidik jari dimana pengguna bisa menggunakan salah satu dari 10 jarinya, Keamanan face lock dimana pengguna bisa menggunakan wajahnya.

Dari berbagai fitur keamanan yang disediakan, manakah keamanan paling tinggi ? berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kelemahan dari berbagai fitur tersebut : 

1. Kunci Pin dan pola.

Kunci pin dan pola ini mempunyai kecepatan yang baik dan keamanan paling tinggi menurut saya. Karena dengan menekan 4 digit nomer untuk pin dan geser pin untuk kunci pola. Dalam kecepatan dalam membuka cukup tinggi. Kunci pin ini hanyalah pengguna yang tau tidak bisa diwakilkan dengan hal apapun, dimana pengguna juga harus dalam keadaan sadar dalam membuka smartphone

2. Password

kunci password ini mempunyai kecepatan dalam membuka lumayan lama tetapi mempunyai keamanan tinggi, kunci ini lebih baik digunakan bila smartphone anda mempunyai data kerahasian didalamnya. Bisa berupa m-banking dimana saldo lumayan besar. Dimana sekarang smartphone juga bisa menjadi dompet digital. Dalam membuka password pengguna juga harus dalam keadaan sadar.

3. Sidik Jari dan Face lock

Kunci sidik jari ini mempunyai kecepatan yang tinggi dalam membuka tetapi mempunyai keamanan sedang, mengapa ? Karena kunci sidik jari ini bisa dibuka meskipun pengguna dalam keadaan sadar atau tidak sadar. Bila pengguna tidak sadar bisa sedang tidur atau pingsan smartphonenya masih bisa dibuka dengan jari tangan atau wajah pengguna. Sehingga dalam keadaan tidak sadarnya pengguna,  smartphone tetap bisa dibuka dan kejahatan data pribadi bisa digunakan dari hal yang tidak bertanggung jawab.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan berbagai fitur keamanan smartphone, jadi sesuaikanlah kebutuhan anda dalam memilih keamanan smartphone. Dengan begini anda bisa memaksimalkan kebutuhan dalam mengamankan data pribadi anda. Saya pribadi lebih memilih kunci pin seperti yang telah dijelaskan diatas

Silahkan tulis saja dibawah bila ada yang ingin dikomentari....
Semoga bermanfaat
Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.