15 Tips Mengatur Keuangan Ala Raditya Dika Lengkap

Hasil gambar untuk keuanganBaik kali ini saya akan membahas beberapa poin penting dalam berumah tanggal, Mengatur keuangan. Mengapa mengatur keuangan sangatlah penting ? Karena keuangan adalah salah satu point utama dalam menjaga kestabilan hidup. Bila keuangan kamu tidak stabil maka hidupmu juga akan terkena dampaknya.

Maka dari itu keuangan harus benar benar kamu jaga, apalagi dalam hal rumah tangga orang orang yang sudah menikah, dan buat kamu yang belum menikah segeralah untuk berubah untuk bisa mengatur keuangan kamu. Banyak sekali pejelasan diinternet terkait dengan management keuangan tetapi kali ini berbeda.


Setelah saya menonton video dari raditya dika tentang 15 tips mengatur keuangan. Akhirnya saya menemukan pencerahan untuk mengatur keuangan, dan bagi kamu yang kesulitan mengajak pasangan kamu untuk ikut bisa dalam mengatur keuangan, langsung kirim aja link video raditya dika atau mintain baca artikel ini. Karena artikel ini akan membahas dan menjabarkan lebih detail dari video tersebut.

Hasil gambar untuk raditya dika


Berikut ini adalah beberapa tips dan trik point penting dalam mengatur keuangan ala raditya dika :

1. Beli barang yg benar2 kita butuhkan

Belilah barang barang yang benar kamu butuhkan, jangan sampai kamu membeli barang yang tidak kamu butuhkan. Kita contohkan saja seperti membeli Sepatu, Tas, Lemari, Smartphone padahal barang barang tersebut masih bisa digunakan. Seperti kecenderungan orang ingin membeli smartphone karena kamu fikir bahwa smartphone kamu sudah ketinggalan, padahal masih bisa dipakai dan masih baik baik saja.

Barang dibutuhkan adalah dimana barang tersebut memang harus kamu miliki dan tidak ada cara lain untuk menggantikanya. Bila kamu tidak memiliki, itu akan membuatnya menjadi masalah

Barang Keinginan adalah
a. Dimana barang tersebut hanya sebatas menambah jumlah barang yang sudah dipunyai
b. Seandainya tidak punya pun itu tidak membuatmu mempermasalahkanya
c. Barang tersebut masih bisa digantikan dengan barang yang sudah ada.

2. Investasi

Investasi, Merupakan salah satu cara paling penting untuk mengatur masa depan yang cerah. Kalo kamu sangat mencintai waktu maka berinvestasilah agar uang yang kamu kembangkan menjadi bermanfaat dikemudian hari. Split lah uang dari penghasilan kamu minimal adalah 10%. Lebih banyak lebih bagus lagi.

Investasi ini perlu penjabaran lagi karena sangatlah panjang, Silahkan cari tentang investasi diblog saya, saya sudah membahasnya hingga banyak artikel, Kunjungi Link Disini. Silahkan baca dan pahamilah yang dikemudian hari dijamin akan lebih bermanfaat

3. Uang masuk harus lebih besar dari pada uang keluar

Lebih baik tekan pengeluaran dan cara pemasukan sebanyak banyaknya, ini adalah salah satu cara untuk mengatur keuangan kamu lebih baik lagi. Jangan hanya berhemat tetapi cari juga peluang peluang untuk mencai penghasilan keluarga.

4. Jangan ngutang dan ngutangin orang

Jangan menggunakan kartu kredit, jangan menggunakan pembayaran kredit dalam membeli barang mengapa, karena dengan menggunakan kredit maka barang yang kamu beli akan jauh lebih mahal dari pada melakukan pembayaran dengan cash / kontan.

Kredit mempunyai bunga yang itu bisa membuat kamu mengeluarkan uang lebih pada yang seharusnya. Jangan sampai menghutangkan orang, Lebih baik berikan mereka pekerjaan untuk kamu, setidaknya uang yang kamu berikan kepada orang tersebut dapat memberikan revenue ke kamu.

5. Belanja apapun bayar cash jangan pakai debit card

Membayar apapun jangan memakai kartu debit, Pakailah dengan uang cash, uang yang ada ditangan kamu. Karena penelitian berpendapat bahwa orang yang membeli suati barang dengan cash uang ditangan dengan kartu debit cenderung orang lebih berat mengeluarkan uang yang ada ditangan. Hal ini membuat kecenderungan kamu untuk membeli barang akan semakin rendah.

6. Fokus ke penghasilan

Fokuslah dengan penghasilan kamu, Ingat penghasilan bukan hanya dari GAJI tetapi bisa dari kamu jualan online, menjual jasa dan lain sebagainya. Jadi kembangkanlah penghasilan kamu dari hobi. Mungkin juga dari ketertarikan kamu akan sesuatu.

7. Pelajari instrumen investasi & hubungannya dengan tujuan finasial

Pelajari instrument investasi yang bisa mendukung tujuan finasial kamu. Seperti point pada nomer 3, tetapi ini lebih spesifik, antara : Investasi dalam Saham, investasi dalam menanamkan modal di Surat berharga negara SBN Ritel, OBG, Reksadana, membeli emas, menanam pohon jati sengon dan lain sebagainya. Pelajarilah hal hal berbau investasi sesuai tujuan finansial kamu.

8. Banyak penghasilan bukan berarti banyak pengeluaran

Setelah mendapatkan penghasilan yang banyak, bukan berarti kamu harus melakukan pengeluaran lebih banyak lagi. Menang banyak yang bilang bahwa bertambahnya penghasilan, pengeluaran akan mengikutinya. Tidak ada yang salah memang tetapi alangkah bijaknya kamu juga memikirkan pengeluaran apa yang benar benar dibutuhkan.

9. Punya budget atau anggaran

Ketika kamu ingin membeli rumah, mobil barang tertentu setidaknya kamu punya anggaran, anggaran ini yang menjadi poin utama dalam membeli barang. Jangan sampai kamu membeli sebuah barang dan merencanakanya itu harganya jauh melebihi anggaran yang telah tersedia. Anggaran itu penting untuk mengetahui bahwa barang yang kamu beli sudah sesuai dengan rencana.

10. Keluarkan uang untuk membeli pengalaman bukan membeli barang

Ini labih bijak lagi, ketika kamu mengelurkan uang dengan membeli pengalaman maka itu akan lebih bahagia dari pada kamu membeli barang. karena pengalaman yang menyenangkan akan membuat kamu lebih bahagia dan mungkin itu juga bisa menjadikan pengalaman tersebut sebagai penghasilan, Contohnya ketika kamu pergi jalan jalan ke malasyia, diwaktu hari lain mungkin kamu bisa menjadi pemandu dari orang orang yang akan pergi ke malasyia.

11. Beli barang yang berkualitas

Beli barang berkualitas agar barang yang kamu pakai tetap awet dan juga tetap bisa dipakai hingga bertahun tahun, Mengapa dengan membeli barang yang awet dan tahan lama maka secara otomatis kamu berhemat untuk tidak mengeluakan barang itu lagi. Yang terpenting adalah kamu tetap menjaga barang barang tersebut. Bila menemukan barang yang akan menjadi rusak langsung perbaiki sebelum barang tersebut tidak bisa dipakai.

12. Usahakan kalau belanja sendirian

Usahakan membeli barang / berbelanja sendirian, karena biasanya bila mengajak teman itu ada sugesti sugesti untuk membeli barang yang telah ditentukan. Contoh : kamu bisa dapat bisikan oleh temanmu bahwa kamu cocok pakai celanan ini, kamu cocok, ganteng deh kalo pakai baju ini dan lain sebagainya. Akhirnya kamu bisa membeli barang yang seharusnya tidak kamu butuhkan.

13. Bayar pajak & donasi

Bayarlah pajak tepat waktu, karena bila pajak yang kamu bayar terlambat maka denda akan dilayangkan kepadamu sehingga kamu akan membayar dengan uang lebih dari seharusnya. Lebih baik bayarlah dengan tepat waktu.

Donasi atau Amal memang itu yang baik, Agama islam dengan beramal akan dikembalikan hingga 10 hingga 100 kali lipat. Meskipun yang dikembalikan oleh tuhan belum tentu uang, bisa jadi dalam bentuk anak sehat, badan yang sehat, mata yang bagus, dan bahaya bahaya lain yang bisa merugikan kamu akan dijauhkan.

14. Hubungan dengan uang adalah hubungan kebiasaan

Hubungan dengan uang adalah suatu kebiasaan, jadi mulai dari awal berperilakulah dalam mengelola keuangan yang baik, Dengan menjadi kebiasaan ini kamu akan menjadi semakin baik dalam mengatur keuangan, megatur arus kas keluar masuk keluarga, mengetahui barang yang butuh atau hanya sebuah keinginan

15. Temukan pasangan yg perilakunya terhadap uang itu sehat

Nah yang terakhir ini pasti sudah tahu, carilah pasangan yang bisa mensupport / mendukung finansial kamu. Sehingga kamu bisa terbantu untuk mengelola keuangan keluarga, Bila kamu mendapatkan pasangan yang hedon dan tidak bisa mengatur keuangan kamu akan sulit untuk menerapkan keuangan yang sehat. Jadi carilah pasangan yang pintar dalam mengatur keuangan keluarga atau paling tidak pasangan kamu tidak menjadi terburu buru ketika melihat diskon belanja, Cashback belanja. Bisa juga pasangan yang mau untuk diajak untuk bisa mengatur keuangan dalam rumah tangga. Biasanya ciri cirinya adalah wanita yang bisa menahan dari godaan berbelanja.

Baik itulah tips keuangan ala raditya dika yang kurang lebih saya rangkum dari video raditya dika. Semoga bermanfaat. 
Muhammad Miftahul Ulum

MuhammadMiftahulUlum.com merupakan blog pribadi didirikan mulai tahun 2014 blog ini berbagi tentang informasi dari pengalaman, tips dan trik, komentar dari sisi penulis. Saya adalah seorang yang selalu ingin belajar tentang banyak hal dan membagikan apapun tentang banyak hal. Seluruh tulisan didalam blog ini adalah murni dari tulisan saya. Bila ada pertanyaan kerja sama silahkan hubungi saya disini

Diberdayakan oleh Blogger.