Perjalanan Touring Malang Bali liburan Part 1

Hai kali ini gue akan berbagi pengalaman saat hari rabu tanggal 22 desember 2016 liburan ke bali naik motor Supra X 125 FI dari malang ke bali dengan jarak tempuh 400km waktu 12 jam perjalanan. pertama kali merencanakan motoran ke bali adalah waktu tahun baru ke bali, tetapi saat mencari tentang tahun baru dibali banyak yang mengatakan sangat padat bali hingga macet parah yang akhirnya gue ajukan untuk rencana pergi kebali  pada tanggal 21 biar tenang kalo ke wisata gag terlalu macet macetnya :D

pertama tama rencana ada 4 orang untuk sama sama pergi kebali, si roni sama pacarnya dan gue sama si melly, ternyata tak disangka si roni gag bisa. terpaksa deh gue sama si melly buat kebali. pertamanya si gag mau dia karna cuman 2 orang ke bali katanya sepi masak cuman 2 orang, gue bujuk akhirnya dia mau. Dan cuman kita yang pergi ke bali motoran.

Ini pengalaman touring terjauh gue ke bali, dengan rute dari malang, probolinggo, situbondo, banyuwangi, gilimanuk, negara, pulukan, denpasar. itu rute berdasarkan rekomendasi dari om google maps. kita berangkat pukul 5.00 pagi dari malang, biasanya seperti anak touring pasang top box dan side bag, cuman isi dari side bag barang bawaan pacar gue. sebelum berangkat malamnya gue periksa kondisi ban dalam keadaan penuh angin, klakson, lampu, rem, aki, oli dan sebagainya.

kita berencana sama bangun jam 4 untuk sarapan indomie. setelah gue siap apa yang perlu gue siapin yaitu, peralatan mandi, dompet, KTP, SIM, STNK, ATM dll, pakaian 4 stel rencana mau 3 hari di bali. handuk, sepatu, sandal, obat, air minum, dan tak lupa uang siapin Rp 1.300.000 karna disana butuh cukup biaya hidup selama 3 hari. langsung otw ke kontrakan si melly dan langsung berangkat jam 5 kurang 10 menit.

rata rata dari malang ke banyuwangi perjalanan sekitar 6 jam  disana kita isi bensin 2x pengisian, dengan melewati jalur antar provinsi jadi kita tahu betapa beratnya medan jalan yang bolong rusak dan banyak bis dan truk melintas. sekitar 4 jam perjalanan kita melewati perusahaan listrik tenaga batu bara di paiton sempet kita berhenti untuk berfoto.

Setelah foto foto disana kita langsung cus ke situbonda dan banyuwangi, setelah kita melewati situbondo kita pasti akan melewati yang namanya alas baluran, alas baluran ini adalah seperti hutan, jadi kita melewati hutan ini sampai sekitar 10 KM, setelah itu kita akan disambut dengan masuk ke kabupaten banyuwangi, disini kita mencari makan. Makan di pinggir jalan dengan makan rawon dan nasi campur 2 esteh seharga 20 ribuan cukup murah. setelah itu kita lanjutkan perjalanan ke pelabuhan ketapang, sebelum kesana kita foto foto dahulu di watu dodol wisata banyuwangi, karena wisata berada di pinggir jalan pas dan kita berhenti.

Ok kita foto selfi cuman 5 menit aja langsung kita cus ke pelabuhan ketapang untuk terus menuju ke pulau bali, Setelah masuk kita harus mengisikan blanko formulir yang isinya adalah nomer motor kendaraan, nama pengguna motor dan boncengan, jenis kelamin dan umurnya. Seperti dibawah ini blanko formulirnya :

setelah itu kita pergi dan membayar sekitar Rp 22.000 untuk motor jadi gag perlu khawatir, PP kurang dari Rp 50.000 ok. setelah itu kita masuk kedalam kapal dan kita disuruh untuk meninggalkan kendaraan kita dan meunju ke kabin kapal untuk duduk duduk dan menunggu kapal tiba di pelabuhan gilimanuk. jadi kita sempetkan untuk foto foto bersama, dan disela sela itu kita juga istirahat. oh iya untuk informasi bensin kan isi 2x sekitar Rp 15.000 - Rp 20.000 sekali isi jadi sekitar Rp 50.000 sampai di banyuwangi. Ini foto gue di kapal menuju gilimanuk :

setelah mau perlabuh digilimanuk kita harus cepat cepat untuk pergi kebawah dan menuju kekendaraan kita, karena kapal berlabuh kita harus cepat untuk pergi dari pelabuhan karena kapal akan menuju kembali ke ketapang untuk mengangkut kendaraan yang ingin menuju ke ketapang. setelah itu waktu menunjukan pukul 1.30 akhirnya kita langsung cus ke kota bali yaitu denpasar.

Dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan untuk menuju pondok raya 828, kita disajikan dengan keadaan jalan banyak lubang lubang yang menurut gue itu bahaya sekali karena lubang tersebut sangat dalam. Ternyata waktu kita tiba didenpasar kita hanya bisa mengandalkan peta google maps untuk menunjukan arah ke hotel, karena jam jam 5 kita sampai didenpasar banyak sekali orang yang pulang kerja yang membuat jalan begitu macet dan harus sabar untuk menghadapi orang yang banyak menyerobot kanan dan kiri.

akhirnya kita sampai dipondok raya 828 pukul 18.00 WITA dan gila jam 18.00 itu masih cerah seperti masih jam 5 kalo dimalang. jadi jangan lupa ya kalo udah masuk BALI waktu harus kita tambah 1 jam. hehe

Singkat cerita pemesanan pondok raya 828 gue udah booking pada tanggal 21 lewat pegi pegi karena banyak diskon yang gue dapatkan lewat pegi pegi sekitar Rp100.000 yang gue dapat jadi selama 3 hari hanya mengeluarkan uang Rp 325.000 hehe mumpung dapat murah. tetapi fasilitas yang gue dapatkan lumayan ada ac, tv, sower, kulkas dan letak kamar gue.

setelah gue cek in pondok raya 828. akhirnya gue bersih bersih mandi dan sebagainya, dan kita cari makan di deket deket pondok raya 828, dan setelah gue tahu kalo makanan disekitar sini itu murah murah gue beli ayam seperti kentaki dengan harga sekitar 12k ayam paha + nasi + es teh. murah banget dan parkirnya hanya Rp 1000, saja. (tidak seperti dimalang parkir aja Rp 2000_, karena gue udah benar tahu posisi makanan murah berada pada denpasarnya. kalo kalian mau makan didaerah wisata maka harganya jauh lebih mahal.

Setelah makan kita balik ke pondok raya 828, langsung gue tidur pules untuk melanjutkan perjalanan besok ke berbagai macam wisata yang ada di bali.. Skip Part 2