Masuk Ke Dunia Hacking

Dunia hacking - kini kita akan beralih kedunia security atau keamanan pada suatu aplikasi, plat form maupun website. Bisa disebut juga dunia hacking. Dunia hacking kini tidak bisa kita anggap sebagai dunia yang biasa saja. Tetapi dunia hacking adalah dunia para cyber yang mencari celah keamanan yang bisa membuat orang lain dirugikan dan diuntungkan.


Untuk masuk kedunia hacking tak semudah yang dipikirkan dan dipraktekan. Karena kita akan lebih banyak belajar dan lebih banyak menerima kegagalan dalam prakteknya. salah satu bentuk hacking adalah mencari setiap celah keamanan dalam suatu sistem. contohnya adalah website, windows, jaringan dan lain sebagainya.

Biasanya para hacking mencoba untuk masuk ke sebuah sistem dan melakukan hal sesuatu yang mereka inginkan seperti contohnya : username, password, no kartu, kita bisa menyimpulkan semuanya itu adalah sebuah Data. Data adalah harta dalam pencurian didalam hacking. karena dengan data kita bisa melalukan sesuatu yang diinginkan.

Apabila seseorang sudah mendapatkan sebuah data dari seseorang. Maka mereka bisa menjabat selayaknya anda. Admin, Karyawan, owner dengan hal itu mereka bisa menjadi posisi yang sangat tinggi sehingga mereka bisa mengatur sistem seperti menghapus, membajak, menambahkan dan parahnya lagi mereka bisa mencuri sebuah nomer kartu kredit bila menemukan sebuah data nomer kartu kredit.

Dari dalam hacking sendiri, Yang memotivasi seseorang untuk menjadi hacking adalah sebagai berikut :
1. Tennar atau terkenal
2. Keuntungan
3. Iseng
4. Tantangan

4 hal alasan termotivasinya seseorang untuk masuk didunia haking. Paling berbahaya apabila didalam hacking digunakan untuk mencari keuntungan, karena bisa saja hal itu sangat merugikan orang lain. biasa saja keuntungan tersebut dalam bentuk uang. Tetapi tidak juga, untuk mencari keuntungan yang tidak merugikan orang lain dengan mencari kelemahan sistem dan memberitahukan celah kemanan kepada si empunya dengan timbal balik berupa uang contohnya.

Untuk menjadi salah satu bagian dari hacking kita harus mampu bisa mengoperasikan komputer. Ini sudah tentu pastinya. hehehee, simak aja apa yang diperlukan untuk menjadi bagian dari hacking pemula hingga mahir:
1. mengoperasikan komputer (ya iyalah jelas)
2. cara kerja sistem operasi windows
3. mencoba mencari tutorial hacking
4. mempraktekan dan studi kasus hacking (celah kemanan, menembus kemanan)
5. mengoperasikan os linux
6. cara kerja os linux
7. studi kasus hakcing dengan os linux
8. mempelajari tools hacking linux
9. mempraktekkan hacking dengan linux (celah kemanan, menembus kemanan)
10. penelitian celah keamanan dan menemukan
11. membuat tools hacking

Diatas adalah beberapa cara simpulan agar menjadi hacking yang professional dengan melakukan tingkatan tingkatan diatas tersebut. Dengan mempelajari tingkatan nomer 1 hingga nomer 11. apabila anda sudah berada pada tingakatan penelitian celah keamanan, bisa dikatakan anda hacking yang professional karena termasuk menyumbangkan celah kemanan untuk diperbaiki.

Ingat sekali lagi, untuk menjadi bagian dari hacking adalah diharuskan selalu belajar. Keamanan setiap detik diperbaharui dan setiap detik celah keamanan tertutup tetapi disetiap detiknya celah keamanan terbuka. Sesungguhnya setiap sistem tidak ada yang sempurna pasti ada celah. Apabila kita sudah menyimpulkan sistem itu bagus dalam artian benar aman berarti anda salah !! Karena sebenarnya, anda tidak mengetahui celah keamananya. Teruslah belajar mencari celah kemanan.

Masih banyak sebenarnya kalo kita bahas tentang dunia hacking. Karena tidak mungkin bila saya bahas semuanya ilmu hacking. Hanya ini yang bisa saya sampaikan tentang ringkasan didunia hacking. tetapi tidak menuntut kemungkinan nantinya saya akan bahas tentang tips atau trik tentang dunia hacking. 

penulis : muhammad miftahul ulum
publish : 11:56 11/29/2014

Tidak ada komentar:

Silahkan berkomentar sesuai dengan pembahasan konten diatas !!
Komentar tidak boleh mengandung unsur :
- Sara (penghinaan / pelecehan).
- Spamming (comment spam).
Gunakan kesopanan dalam berkomentar !!

Terima kasih atas Masukan, kritikan, saran atau pendapat dari pembaca.
Penulis akan berusaha menyetujui dan membalas secepatnya ^_^.

Diberdayakan oleh Blogger.